Selasa, 14 Mei 2013

Media Pembelajaran Bahasa Arab : Efektifitas Keterlibatan Siswa Dalam Pengadaan Media Pembelajaran untuk Pembelajaran Bahasa Arab

Efektifitas Keterlibatan Siswa Dalam Pengadaan Media Pembelajaran untuk Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di MTsN Tanjung Redeb 2007-2008)
Penulis:RAHMAN DUKA
Tahun:2008
Fakultas:Pasca Sarjana
Jurusan:S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pembimbing:1) Dr. H. Nasaruddin Idris Jauhar, M.Ed.  2) Dr. Mohamed Ahmed Omer.  
Kata Kunci:Dr. Nasaruddin Idris Jauhar, M.Ed dan Dr. Mohamed Ahmed Omer

Dalam tesis ini peneliti membahas tentang keterlibatan siswa dalam mengadakan media pembelajaran untuk pembelajaran bahasa Arab, khususnya kosakata. Peneliti melihat bahwasanya pengajar bahasa Arab kebanyakan –kalau tidak seluruhnya- kurang menggunakan media pembelajaran. Para guru menerjemahkan secara langsung kosakata Arab ke dalam bahasa ibu karena terbatasnya media pembelajaran. Cara ini tidak berpengaruh positif terhadap penguasaan siswa terhadap kosakata. Salah satu solusi dari masalah ini adalah kerjasama antara guru dan para siswa dalam pengadaan media pembelajaran. Bagaimanakah supaya kerterlibatan siswa dalam pengadaan media pembelajaran untuk pembelajaran bahasa Arab bisa berjalan dengan baik dan sempurna? Sejauh manakah pengaruh keterlibatan siswa dalam pengadaan media pembelajaran terhadap pemahaman kosakata Arab? Peneliti mengadakan penelitian eksperimen pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjung Redeb. Populasinya adalah seluruh siswa kelas II di sekolah ini yang berjumlah 117 orang dan sampelnya 40 orang. Sampel dibagi menjadi dua kelompok: 1) Kelompok eksperimen, yaitu kelompok siswa yang terlibat dalam pengadaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab dan 2) Kelompok kontrol, yaitu kelompok yang tidak dilibatkan dalam kegiatan tersebut, akan tetapi tetap mengikuti pelajaran sebagaimana temannya yang lain yang tergabung dalam kelompok eksperimen. Hasil tes di akhir pembelajaran menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara mean dari distribusi nilai kedua kelompok tersebut, yaitu sebesar nilai t-test 3,640, yakni lebih besar daripada nilai t-tabel 2,021 pada taraf signifikansi 5 %, 2,423 pada taraf signifikansi 2 %, 2,704 pada taraf signifikansi 1 %, dan 3,551 pada taraf signifikansi 0,1%. Ini menunjukkan bahwa hasil tes kelompok eksperimen adalah unggul dan sekaligus membuktikan bahwa keterlibatan siswa dalam pengadaan dan pemilihan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab, karena siswa senantiasa mengingat apa yang telah mereka lakukan dan mereka merekam dalam pikirannya gambar-gambar (media pembelajaran) yang telah mereka kumpulkan. Mereka juga senang dan memperhatikan pelajaran dengan baik terutama ketika guru menampilkan media pembelajaran (koleksi gambar) yang telah mereka sediakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar