Senin, 30 April 2012

Macam-macam Media Pembelajaran

Secara umum terdapat 4 jenis media pembelajaran yakni:
  1. Media visual (grafik, diagram, chart, bagan, poster, karikatur, dll)
  2. Media Audio/audial (radio, tape recorder, lab bahasa, walkman, dll)
  3. Projected still media atau media proyeksi ( OHP, proyektor, in foccus, dll)
  4. Projected motion media atau audio visual (TV, komputer, film, vcd, dll)
Dalam penggunaannya “dulu” banyak guru cenderung banyak menggunakan media visual saja, yang populer biasanya mengandalkan media papan tulis. Dengan semakin berkembangnya zaman kini kita telah banyak merasakan berbagai macam media pembelajaran meskipun hanya menggunakan OHP (over head projector). Namun terkadang yang jadi masalah adalah seorang guru yang memaksakan menggunakan media pembelajaran yang sama sekali tidak relevan digunakan terhadap suatu bidang studi. Contohnya penggunaan media radio sebagai alat bantu salah satu bidang studi matematika, tentu sangat tidak relevan.

Kriteria yang perlu diperhatikan adalah tingkat efektifitas penggunaan media terhadap tujuan atau kompetesi yang akan dicapai. Berikut beberapa acuan penggunaan media pembelajaran secara umum:
  1. Media visual, cocok diguanakan untuk mata pelajaran dengan kompetesi memahami. Contoh studi masalah.
  2. Media audio, cocok digunakan untuk mata pelajaran dengan kompetensi menghapal. Contoh kesenian musik dan tes bahasa inggris.
  3. Media proyeksi, cocok digunakan untuk mata pelajaran dengan kompetensi pemahaman sistematis yang lebih kompleks. Contoh menyajikan langkah-langkah yang lebih detil.
  4. Media audio visual, cocok digunakan untuk mata pelajaran dengan kompetensi motorik. Contoh penyajian film dan video tentang peristiwa-peristiwa penting.
Akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak harus seperti acuan di atas. Karena dengan perkembangan IPTEK saat ini sangat memungkinkan kita untuk menggunakan lebih dari satu media. Dengan harapan saling melengkapi satu sama lain. Contohnya penggunaan komputer. Dengan komputer kita dapat menyatukan seluruh jenis media menjadi satu. Tentunya kombinasi dipilih dengan pertimbangan efektifitas tujuan atau kompetensi awal. Dan yang sangat penting adalah sesuaikan dimana anda mengajar. Karena memang guru itu dituntut menjadi pribadi yang kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar