Senin, 13 Mei 2013

Contoh Skripsi Media : Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di SMA Negeri I Pagak).
Penulis:Siti Marfu'ah
Tahun:2007
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Drs. Muh. Zuhdi .  
Kata Kunci:Media Pembelajaran, Motivasi, PAI
Salah satu komponen penting dalam proses belajar adalah media. Kedudukan media pembelajaran ini tidak hanya sekedar alat bantu mengajar, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan berkomunikasi dengan siswa agar lebih efektif. Selain dapat menggantikan sebagian tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki kegunaan untuk mengatasai hambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik dalam kelas, sikap pasif siswa serta mempersatukan pengamatan mereka. Oleh karena itu media pembelajaran dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu mencapai tujuan dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Masalah penelitian yaitu, Pertama: penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pagak Malang, Kedua: faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pagak Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dan menemukan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dari penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, serta dokumentasi. Menganalisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta prilaku yang di amati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Hasil penelitian yaitu, Pertama: penggunaan media dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi beberapa tahap diantaranya yaitu persiapan guru dalam mengajar, teknis penggunaan media pembelajaran, dan kriteria yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran, Kedua: Faktor pendukung yaitu tersedianya media di sekolah, tersedianya waktu untuk menggunakan media, minat dan respon siswa, kemampuan guru dalam menggunakan media, kedisiplinan guru. Faktor penghambatnya yaitu: kurangnya ketrampilan guru dalam membuat media, terbatasnya media di sekolah, kemampuan dasar siswa dalam baca, tulis al-Quran masih kurang.


File Download
 Abstrak-File.pdf Abstrak-File.ps
 Full Text.pdf Full Text.ps

File Lampiran: Lampiran[1]  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar