PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFT PRODUCER DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN MALANG 1 | ||
Penulis | : | |
Tahun | : | 2012 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Pembimbing | : | 1) H. Ahmad Sholeh, M.Ag. |
Kata Kunci | : |
Kemampuan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif,
efektif dan menyenangkan adalah bagian dari sikap profesionalisme pendidik.
Pemanfaatan metode dan media pembelajaran menjadi pilihan utama untuk
menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menarik motivasi peserta didik. Penyampaian materi pembelajaran tidak boleh secara satu arah dengan teacher of center (terpusat pada guru) akan tetapi harus student of center (terpusat pada siswa), seperti yang telah dikembangkan oleh MIN Malang 1. KBM yang dilaksanakan di madrasah ini telah menggunakan multi metode dan media, namun selama ini masih terbatas pada penggunaan microsoft power point sehingga masih terkesan kurang interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menggunakan media yang lebih interakktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran kewarganegaraan, yaitu Media Microsoft Producer. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengguanaan media microsoft produser terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Burner dan Edgar Dale bahwa penggunaan media yang lebih interaktif akan meningkatkan semangat belajar sehingga siswa merasa senang dan mudah memahami materipembelajaran.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis eksperimen untuk mencari pengaruh. Sedangkan sampel yang diambil
adalah siswa kelas VB dan VC dimana kelas VB sebagai kelas eksperimen
sedangkan VC sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket yang
diberikan kepada sampel sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara X (penggunaan media Microsoft producer) terhadap Y (motivasi belajar) dengan α = 0,05 didapat t Tabel sebesar 2.05183. maka t hitung ≥ t tabel = 2.459 ≥ 2.05183. Secara matematis Y = 40.652+0.312X +e artinya bila nilai X ditingkatkan, maka nilai Y juga akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bahwa penggunaan media yang interaktif akan meningkatkan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, bagi pendidik sebaiknya memanfaatkan media yang lebih variatif dan interaktif.
efektif dan menyenangkan adalah bagian dari sikap profesionalisme pendidik.
Pemanfaatan metode dan media pembelajaran menjadi pilihan utama untuk
menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menarik motivasi peserta didik. Penyampaian materi pembelajaran tidak boleh secara satu arah dengan teacher of center (terpusat pada guru) akan tetapi harus student of center (terpusat pada siswa), seperti yang telah dikembangkan oleh MIN Malang 1. KBM yang dilaksanakan di madrasah ini telah menggunakan multi metode dan media, namun selama ini masih terbatas pada penggunaan microsoft power point sehingga masih terkesan kurang interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menggunakan media yang lebih interakktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran kewarganegaraan, yaitu Media Microsoft Producer. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengguanaan media microsoft produser terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Burner dan Edgar Dale bahwa penggunaan media yang lebih interaktif akan meningkatkan semangat belajar sehingga siswa merasa senang dan mudah memahami materipembelajaran.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis eksperimen untuk mencari pengaruh. Sedangkan sampel yang diambil
adalah siswa kelas VB dan VC dimana kelas VB sebagai kelas eksperimen
sedangkan VC sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket yang
diberikan kepada sampel sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara X (penggunaan media Microsoft producer) terhadap Y (motivasi belajar) dengan α = 0,05 didapat t Tabel sebesar 2.05183. maka t hitung ≥ t tabel = 2.459 ≥ 2.05183. Secara matematis Y = 40.652+0.312X +e artinya bila nilai X ditingkatkan, maka nilai Y juga akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bahwa penggunaan media yang interaktif akan meningkatkan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, bagi pendidik sebaiknya memanfaatkan media yang lebih variatif dan interaktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar