Minggu, 12 Mei 2013

Skripsi Media Pembelajaran : Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Batu.
Penulis:Afit Setiya
Tahun:2010
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Marno, M.Ag.  
Kata Kunci:Sumber belajar, Multimedia, Efektivitas

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan disegala bidang khususnya dalam bidang pendidikan. Dalam proses pembelajaran yang baik, dibutuhkan sumber belajar yang relevan dengan perkembangan teknologi. Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memberi kemudahan bagi peserta didik untuk memperoleh informasi, pengetahuan, dan dapat digunakan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Salah satunya adalah pemanfaatan multimedia sebagai sumber belajar.
Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana Kondisi sumber belajar berbasis multimedia di SMA Negeri 2 Batu?, (2) Bagaimana Kondisi sumber daya manusia dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia di SMA Negeri 2 Batu dan (3) Bagaimana pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Batu?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan Kondisi sumber belajar berbasis multimedia di SMA Negeri 2 Batu; (2) Mendeskripsikan Kondisi sumber daya manusia dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia di SMA Negeri 2 Batu dan (3) Mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Batu.
Penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, serta dokumentasi. Menganalisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini serta perilaku yang diamati, sehinggga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh.
Adapun hasil penelitian ini adalah, Pertama: Kondisi sumber belajar berbasis multimedia baru terpenuhi pada tahun ajaran 2010-2011. Fasilitas yang ada seperti LCD sudah terpasang di setiap kelas, Proyektor, Materi dalam bentuk multimedia, dan juga laptop. Sebelumnya pada tahun 2007 guru sudah menggunakan multimedia meskipun LCD dan fasilitas lainnya sangat minim sekali. Sumber belajar multimedia yang digunakan di SMA Negeri 2 Batu berdasarkan materi yang akan disampaikan seperti menggunakan aplikasi powerpoint dan macromedia flash. Materi dalam bentuk multimedia sebgian besar guru merancang sendiri karena belum diperoleh dari workshop maupun MGMP baik di tingkat kota maupun tingkat provinsi. kedua: Kondisi Sumber daya Manusia Yang dimaksud dalam lingkup sekolah adalah tenaga pendidik yakni kepala sekolah dan guru dan tenaga kependidikan yang meliputi pegawai tata usaha, laboran, pustakawan, teknisi dan pembantu pelaksana. pada dasarnya
xiv
peserta didik adalah bagian terbesar dari SDM di sekolah. Sudah memenuhi syarat dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia. Ketiga: Pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 2 Batu pencapaian belajar secara efektif akan dicapai apabila: a) Penguasaan siswa terhadap materi yang mereka pelajari, materi harus relevan dengan tampilan multimedia, agar siswa lebih mudah dalam menguasai materi juga ada evaluasi yang harus dijawab oleh siswa sebagai bukti penguasaan siswa terhadap materi. b) Siswa merasa senang dan tertarik dalam proses pembelajaran, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar. c) Siswa lebih aktif untuk menyampikan pendapatnya kaitanya dengan materi yang kurang dipahami. d) Nilai siswa mengalami peningkatan, karena lebih paham tentang materi yang disampaikan dengan menggunakan multimedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar