Minggu, 12 Mei 2013

Skripsi Media Pembelajaran : Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA AL Mas’udiyah Sreseh Sampang.
Penulis:Abd Rosik
Tahun:2010
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Drs. H. M. Samsul Hady, M.Ag.  
Kata Kunci:Pemanfaatan, Media pembelajaran, Motivasi Belajar.

Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam proses belajar mangajar yang dapat dimuat pesan yang akan disampaikan kepada siswa, baik berupa alat, orang maupun bahan ajar. Dengan demikian dapat diketahuin bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan, baik pembelajaran agama maupun umum. Madrasah Aliyah (MA) AL Mas’udiyah merupakan salah satu Sekolah yang terletak di lingkungan Pondok Pesantren di madura. Yang mana dalam proses pembelajaran di sekolah tersebut tidak lepas dari penngunaan media, baik media sederhana seperti papan tulis, buku paket dan LKS. maupun media komplek (modern) seperti komputer dan laboratorium bahasa. Dengan demikian pemanfaatan media pembelajaran akan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para guru yang mengajar di sekolah ini terutama yang mengajar pendidikan agama Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini : Pertama, media apa saja yang di ajarkan oleh guru di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang . Kedua, Bagaimana media pembelajaran yang diajarkan oleh guru dapat memotivasi siswa di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang. Ketiga, Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran, dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang. Tujuan penelitian ini Pertama, Menjelaskankan media pembelajaran yang diajarkan guru di MA Al- Mas’udiyah Sreseh Sampang. Kedua, Mendeskripsikan tentang media pembelajaran, terkait fungsinya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang. Ketiga, Mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang.
Penulis mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penulis dalam penelitian ini akan mendapatkan data secara langsung terhadap obyek yang diteliti, yakni untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran dalam menigkatkan motivasi belajar siswa. Dalam menganalisis data penulis melalukan tiga langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian, yaitu: Pertama, Keberadaan media pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah sebagian masih tergolong sedehana, namun dengan keterbatasan media yang ada mampu dimaksimalkan dengan pengelolaan yang baik dan ditunjang dengan metode yang sesuai. Kedua, pemanfaatan media pembelajaran di sekolah ini berjalan lancar, bahkan cukup optimal. Proses pemanfaatan media pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah sudah
berjalan dengan baik, sehingga diharapkan dapat menunjang tercapainya cita-cita pendidikan yang diharapkan. Ketiga, Faktor pendukung dalam pemanfaatan media pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah, yaitu: tersedianya media pembelajaran, perhatian wali murid, kerja sama antara wali murid dengan guru, keteladanan dan perhatian para guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: kurangnya perhatian sebagaian wali murid, minimnya tenaga pengajar, sebagaian media yang ada masih tergolong sederhana dan terbatasnya fasilitas belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar