Peranan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMPN 1 Purwosari Pasuruan |
Penulis | : | Dina Fatihatul Faidah |
Tahun | : | 2009 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Agama Islam |
Pembimbing | : | 1) Drs. Farid Hasyim MA. |
Kata Kunci | : | Media Pembelajaran, Motivasi Belajar |
Media merupakan salah satu komponen dalam proses belajar mengajar yang amat diperlukan, mengingat bahwa kedudukan media ini bukan hanya sekedar alat bantu mengajar, tapi juga merupakan bagian integral dalam pembelajaran. Selain dapat menggantikan sebagai tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki potensi unik yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu media pembelajaran dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu mencapai tujuan dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti mengangkat beberapa masalah yaitu, 1) Media pembelajaran apa saja yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam, 2) Bagaimana peranan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, 3) Faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengidentifikasi media yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. 2) Untuk mendiskripsikan peranan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. 3) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 01 Purwosari Pasuruan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini dalam pelaksanaan penelitiannya memang terjadi secara alamiah. Disamping itu dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi: tahap orientasi,tahap pengumpulan data lapangan dan tahap tehnik pengecekan keabsahan data. Instrumennya adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara, observasi, dan kamera. Sedangkan analisa datanya peneliti menggunakan kualitatif deskriptif, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian untuk uji keabsahan data menggunakan ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi metode. Dengan rancangan penelitian sebagaimana dijelaskan, peneliti memperoleh hasil data yaitu, pertama jenis media yang dipilih oleh guru adalah media cetak (buku paket dan LKS), media Audio Visual (CD Player) media gambar, media lingkungan, media manusia. Kedua, peranan media pembelajaran yang ada di SMP Negeri 1 Purwosari Pasuruan sudah kodusif dalam proses belajar mengajar, apalagi ditambah dengan media lainnya yang bisa mengakomodasi kebutuhan guru dan siswa. ketiga, faktor pendukung dan penghambat media pembelajaran. 17 Faktor pendukungnya berasal dari siswa sendiri yaitu adanya semangat yang dimiliki siswa sendiri, yaitu adanya semangat yang dimiliki siswa dalam mengikuti pelajaran, serta tersedianya media pembelajaran yang biasanya digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sedangkan faktor penghambat juga terdapat dalam siswa sendiri yaitu tingkat kepandaian dan psikologi siswa berbeda-beda, kurangnya ketrampilan guru untuk membuat media sendiri. Berkaitan dengan peranan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta problem guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran, berikut disampaikan saran-saran yang diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. 1. Saran kepada guru untuk lebih meningkatkan professional dengan kreatifitas dalam mengajar juga dalam memanfaatkan media pembelajaran, dalam menyampaikan materi dengan bantuan media pembelajaran, hendaknya guru lebih memberikan variasi terhadap pola pengajarannya agar siswa tidak mengalami kejenuhan dalam belajarnya. 2. Kepada pihak sekolah, di masa mendatang SMPN 1 Purwosari ini diharapkan menambah media pembelajaran yang masih kurang mencukupi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar