Kamis, 09 Mei 2013

Skripsi Pengembangan Media : Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Program Macromedia Flash

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Program Macromedia Flash Proffesional 8 dan Efektivitasnya untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. (Penelitian Pengembangan di MA Nurul Ulum Malang)
Penulis:Achmad Diny H
Tahun:2010
Fakultas:Pasca Sarjana
Jurusan:S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pembimbing:1) Prof. DR. Imam Asrori M.Pd.  2) Prof. DR. Muhammad Syaikhun Muhammad Sulaiman..  
Kata Kunci:Pengembangan, Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Program Macromedia Flash Proffesional 8, Meningkatkan Motivasi Siswa.
Pada kenyataannya, motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab di MA Nurul Ulum Malang belum terwujud secara signifikan. Ada kecenderungan bahwa antusiasme dan keinginan mereka untuk belajar bahasa Arab belum pada keadaan yang sesuai harapan. Oleh karena itu, peneliti mencari cara untuk mengajarkan bahasa Arab dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8 dan efektivitas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain program berbasis komputer untuk meningkatkan motivasi mereka dalam belajar bahasa Arab. Diharapkan dari penelitian ini akan terwujud peningkat an kesungguhan dan perasaan senang siswa dalam proses belajar bahasa Arab, sehingga meningkatkan kemahiran bahasa yang mereka miliki. Penelitian ini adalah untuk mendesain program pembelajaran bahasa Arab berbasis komputer dan kemudian dieksperimenkan di MA Nurul ulum Malang dan dan validasi dari ahli. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan cara membuat desain media dan cara pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8. (2) mendiskripsikan karakteristik media pembelajaran bahasa Arab ini untuk meningkatkan motivasi siswa. (3) mendiskripsikan tingkat keberhasilan motivasi siswa di MA Nurul Ulum Malang menggunakan media pembelajaran bahasa Arab ini. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Riset and Development). Validasi dari ahli media meliputi dua pakar pengajaran bahasa Arab dan dua ahli multimedia. Penelitian lapangan menggunakan 26 siswa, yang terdiri dari 11 siswa dan 15 siswi. Instrumen penelitian ini adlah angket, observasi, wawancara, dan eksperimen. Analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif, dan analisis kuantitatif statistik. Prof. DR. analisis isi kualitatif, Hasil penelitian ini adalah: (1) Desain media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Macromedia Flash Professional 8 melalui empat tahap, yaitu tahap desain, persiapan, menulis rancangan program, tahap pelaksanaan, tahap percobaan dan pengembangan. Dan desain media ini terdiri dari beberapa slide, yaitu layar utama, layar daftar isi, layar petunjuk penggunaan, layar tentang materi pelajaran, dan layar tentang biografi peneliti dan kerabat kerja dan ucapan terima kasih dan penghargaan serta daftar pustaka, dan layar penutup. (2) Analisa dalam penelitian ini menggunakan rentang skor sangat baik sekali sampai gagal, validasi dari pakar pengajaran bahasa Arab menunjukkan hasil 89,5% yang berarti baik sekali, dan dari ahli multimedia menunjukkan tingkatan hasil 89,2% yang berarti baik sekali. (3) Keberhasilan pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan program ini memiliki pengaruh yang sangat kuat dan signifikan dalam meningkatkan motivasi siswa dengan hasil: 92,2% yaitu baik sekali. Program ini adalah sarana belajar yang sangat bagus dan menarik serta sesuai dengan tujuan dan kurikulum sekolah, sehingga membantu siswa belajar lebih baik daripada metode biasanya. Selain siswa bisa belajar sendiri (Self Learning) dan mengakibatkan siswa lebih giat dalam belajar, karena mereka senang menggunakan media ini. Hal ini berarti media ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa siswa, karena ada beberapa tes dan latihan yang bervariasi, dan jika siswa yang mau berlatih secara terus-menerus Insya Allah, dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam kemahiran bahasa. Media ini memiliki beberapa kelebihan yaitu sangat menarik karena ada berbagai gambar, suara dan bentuk yang menarik; siswa dapat berinteraksi dengan media ini; dan secara umum bisa meningkatkan dalam keterampilan berbahasa siswa. Adapun kekurangannya adalah siswa yang tidak terbiasa menggunakan komputer terdapat kesulitan ketika menggunakan media ini; dan program ini membutuhkan komputer yang bagus dan canggih.


 Abstrak-Indonesia.pdf Abstrak-Indonesia.ps
 Abstrak-Inggris.pdf Abstrak-Inggris.ps
 Abstrak-Arab.pdf Abstrak-Arab.ps
 Pendahuluan.pdf Pendahuluan.ps
 BAB I.pdf BAB I.ps
 BAB II.pdf BAB II.ps
 BAB III.pdf BAB III.ps
 BAB IV.pdf BAB IV.ps
 BAB V.pdf BAB V.ps
 Daftar Pustaka.pdf Daftar Pustaka.ps

File Lampiran: Lampiran[1]  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar