Senin, 13 Mei 2013

Contoh Skripsi Media : Peranan Media Pembelajaran Televisi Edukasi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar

Peranan Media Pembelajaran Televisi Edukasi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Kodya Malang
Penulis:Nur Ummil Khoiri
Tahun:2007
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Drs. Bashori.  
Kata Kunci:Media Pembelajaran Televisi Edukasi, Prestasi Belajar

Dalam pemilihan metode belajar mengajar adakalanya membutuhkan adanya suatu media yang dapat berperan untuk lebih memperjelas pesan/pelajaran yang disampaikan dan membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk belajar sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Dan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar adalah media televisi edukasi. Media televisi edukasi ini mempunyai kemampuan yang lebih, karena media ini termasuk media audio visual yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan. Diharapkan dengan digunakannya media ini bisa membangkitkan motivasi dan memperjelas pesan yang dapat meningkatkan presatasi belajar siswa.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang peranan, pelaksanaan dan kendala dan penunjang media pembelajaran televisi edukasi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa diSMPN 5 Kodya Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan test. Analisa menggunakan tehnik analisa deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang sebagai pihak-pihak yang terkait. Sedangkan data yang bersifat kuantitatif, menggunakan tehnik analisa deskriptif kuantitatif dengan rumus: 22212121nSnSxxt+−=
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah media pembelajaran televisi edukasi mempunyai peranan untuk dapat meningkatkan motivasi dan memperjelas pesan/pelajaran yang disampaikan. Sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya, tetapi media pembelajaran televisi edukasi itu tidak dapat berperan sepenuhnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa karena siswa ada yang merasa tidak termotivasi dengan media pembelajaran televisi edukasi. Pelaksanaan media televisi edukasi dalam meningkatkan prestasi belajar di SMPN 5 Kodya Malang dalam kegiatan proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sesuai dengan prosedur pembelajaran, yang pada tahap intinya ditambahkan dengan penggunaan media pembelajaran televisi edukasi. Pelaksanaan media ini tidak secara langsung di pancarkan melalui parabola tetapi melalui rekaman CD. Dan dalam pelaksanaannya media ini, siswa ada yang suka dan ada yang tidak suka. Kendala media pembelajaran televisi edukasi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 5 Kodya Malang adalah a). Keterbatasan adanya media (rekaman siaran materi), b).Program tidak bisa diulang. c). Siswa yang terlambat. Dan penunjangnya adalah a).Tersedianya
media pembelajaran televisi edukasi, b).Tersedianya waktu untuk menggunakan media televisi edukasi c).Kedisiplinan guru.
Kesimpulannya bahwa televisi edukasi mempunyai peranan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, karena media ini dapat meningkatkan motivasi dan memperjelas materi pelajaran. Media tersebut dapat berperanan sebagaimana tersebut diatas, jika guru tepat dalam melaksanakan media pembelajaran televisi edukasi dalam proses belajar mengajar dan adanya faktor yang mendukung.untuk pelaksanaan tersebut.
Saran yang ditawarkan peneliti dalam skripsi ini adalah media pembelajaran dalam proses belajar mengajar terutama televisi edukasi sangat penting peranannya dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, untuk itu lembaga pendidikan dapat memfasilitasi kebutuhan media pembelajaran televisi edukasi. Dan untuk seorang pendidik dapat memanfaatkannya dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar