Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Program Adobe Flash Dan Pengaruhnya Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar | ||
Penulis | : | |
Tahun | : | 2010 |
Fakultas | : | Pasca Sarjana |
Jurusan | : | S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Pembimbing | : | 1) Dr. Turkis Lubis, DESS. |
Kata Kunci | : | pengembangan pembelajaran, program adobe flash. |
Sekolah dasar adalah tahap dasar dalam pembelajaran, begitu juga dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelit i memilih tingkat ini karena pada tahap ini lah siswa mulai belajar bahasa Arab, dan kesan pertama dalam belajar sangat mempengaruhi siswa secara psikologis atau keilmuan. Dan agar dapat membuat kesan yang baik terhadap siswa, peneliti merancang sebuah media pembelajaran dengan program dasar Adobe Flash. Peneliti memilih program ini karena program ini dianggap paling sesuai sesuai dalam penggunaannya dalam pembelajaran. Setelah peneliti selesai merancang media ini, kemudian peneliti melakukan percobaan, dan mengobservasi kondisi siswa sepanjang pelajaran dan pengaruh media yang dirancang terhadap pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja media yang digunakan dalam proses pengajaran bahasa Arab untuk siswa di MI Mambaul Ulum, (2) Bagaimana cara mendesain materi pendidikan dengan menggunakan Program Adobe Flash dalam pembelajaran bahasa dalam bahasa Arab? (3) apa dampak penggunaan program Adobe Flash dalam peningkatan minat siswa MI Mambaul Ulum dalam pelajaran bahasa Arab? Kelompok penelitian pengembangan ini terdiri dari siswa MI Mambaul Ulum tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV. Variabel independen dalam penelitian ini adalah program Tutorial Adobe Flash, dan variabel pengikat adalah keinginan siswa untuk belajar bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) media yang digunakan pada MI Mambaul Ulum adalah media konvensional, papan tulis, buku, dan pena. (2) peneliti telah menyelesaikan perancangan media pembelajaran menggunakan program Adobe Flash, yang terdiri dari: (a) tampilan utama, (b) layer bantuan, (c) layar untuk mata pelajaran, (d) layar tentang program dan perancang program. (3) dan setelah dilakukan percobaan penerapan program terhadap siswa, diketahui bahwa alat yang dirancang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab. Berdasarkan proses desain dan hasil percobaan, dapat dikatakan bahwa desain program ini di butuhkan dalam mengembangkan dan meningkatkan proses pembelajaran bahasa Arab, terutama untuk siswa sekolah dasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar