Kamis, 09 Mei 2013

Skripsi Pengembangan Media : Upaya Guru Agama dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Upaya Guru Agama dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Malang I.
Penulis:Rini Khusnul Khotimah
Tahun:2007
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Prof. Dr. H. Muhaimin, MA.  
Kata Kunci:
Proses belajar mengajar pendidikan agama Islam mencakup kegiatan pembelajaran yang berupaya untuk membuat siswa dapat belajar, terdorong belajar dan tertarik untuk terus menerus mempelajari PAI. Dalam menyampaikan pesan pendidikan agama Islam diperlukan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran PAI adalah segala sesuatu yang yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pendidikan agama dari pengirim atau guru kepada penerima (siswa) dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sehingga terjadi proses belajar mengajar pendidikan agama. Untuk itu diperlukan pengembangan media pembelajaran PAI agar lebih meningkatkan keberhasilan pembelajaran PAI. Berdasarkan pernyataan di atas, maka penulis terdorong untuk mengadakan penelitian tentang upaya guru agama dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Malang I. Hasil dari kajian dan pembahasan dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan macam-macam media pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di MAN Malang I. (2) Mendeskripsikan upaya guru agama dalam mengembangkan media pendidikan agama Islam di MAN Malang I, baik dari segi pengadaan, pemanfaatan dan pemeliharaannya.(3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Malang I Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan Interview, Observasi, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisa deskriptif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: a. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru agama di MAN Malang I menggunakan bermacam-macam media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar b. Jika diperlukan, maka guru agama yang bersangkutan mengadakan sendiri media pembelajaran sesuai kebutuhan c. Pemanfaatan media pembelajaran PAI disesuaikan dengan kriteria pemilihan media d. Pemeliharaan media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting agar media pembelajaran tetap dalam kondisi baik dan awet, sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin e. Faktor pendukung dalampengadaan media pembelajaran PAI adalah: adanya kreativitas, adanya motivasi, adanya biaya; dalam pemanfaatan: ketersediaan media di sekolah, reaksi positif dari siswa, adanya semangat mengajar yang tinggi; dalam pemeliharaan: adanya rasa tanggung jawab dalam diri pemakai media untuk menjaga media pembelajaran yang dipakai, adanya kebutuhan terhadap keberadan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. f. Faktor penghambat dalam pengadaan media adalah: tidak adanya kreativitas, tidak adanya motivasi, keterbatasan biaya; dalam pemanfaatan: adanya trouble pada alat/media pembelajaran yang akan digunakan, masalah teknis, misal listrik mati, menyita waktu jika tidak terampil menggunakannya, keterbatasan sarana/media pembelajaran; dalam pemeliharaan: ada kesalahan dalam pemakaian media pembelajaran tersebut sehingga dapat mengakibatkan kerusakan


File Download
 Abstrak-File.pdf Abstrak-File.ps
 Full Text.pdf Full Text.ps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar