Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card dalam Pengajaran Kosa Kata dan Kalimat Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah al-Muhsin 28 Purwasari Metro Lampung | ||
Penulis | : | |
Tahun | : | 2008 |
Fakultas | : | Pasca Sarjana |
Jurusan | : | S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Pembimbing | : | 1) Dr. Afifuddin Ad- Dimyati. 2) Dr. Sa’id Hwaiat Allah Ahmad. |
Kata Kunci | : | Flash card, kosa kata dan kalimat, pembelajaran bahasa Arab, Madrasah Tsanawiyah Al-Muhsin 28 Purwas |
Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah dimaksudkan agar siswa menguasai perbendaharaan kosakata dan istilah-istilah bahasa Arab secara baik dalam berbagai bentuk kata dan pola kalimat yang diprogramkan sehingga siswa dapat mempergunakannya dalam berkomunikasi dengan orang lain dan sebagai dasar memahami buku-buku agama Islam, termasuk Al-Qur'an dan Hadits. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Tsanawiyah +331 untuk pelajaran Bahasa Arab menargetkan siswa menguasai 033 kosa kata, dengan rincian +33 kosa kata untuk kelas I, +.3 kosa kata untuk kelas II dan +.3 kosa kata untuk kelas III. Berdasarkan pengamatan, siswa kurang memahami kosa kata sehingga kemampuan mereka dalam pembelajaran Bahasa Arab rendah. Untuk itulah diperlukan tekhnik pengajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pengunaan flash card dalam penguasaan kosa kata dan kalimat Bahasa Arab kelas II B Madrasah Tsanawiyah Al-Muhsin Purwasari Metro Lampung. Dengan menggunakan analisis kuantitatif didapatkan hasil bahwa prestasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa Arab meningkat setelah digunakannya media flash card dalam pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar