Pemanfaatan Media Pembelajaran Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MAN Malang 1. | ||
Penulis | : | |
Tahun | : | 2007 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Agama Islam |
Pembimbing | : | 1) Amin Prasojo, S.Ag. . |
Kata Kunci | : | Media Pembelajaran Komputer, Prestasi Belajar Siswa |
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik dalam ekonomi, social, budaya maupun pendidikan. Oleh karena itu agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan IPTEK tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian, terutama sekali yang berkaitan dengan faktor-faktor pembelajaran di sekolah. Salah satu faktor tersebut adalah Media Pembelajaran Komputer yang perlu dikuasai guru/calon guru, sehingga mereka dapat menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa secara baik. Pemanfaatan media pembelajaran komputer dalam pembelajaran akan lebih memudahkan siswa untuk menerima dan mengingat materi yang telah disampaikan oleh guru di kelas. Manfaat lain, akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi, karena guru dapat menunjukkan langsung kepada siswa, dengan berupa suara dan gambar bergerak karena media ini berhubungan langsung dengan indera penglihatan dan pendengaran.
Mengingat begitu besarnya peran media pembelajaran komputer untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka penulis mencoba mengkaji tentang tentang “Pemanfaatan Media Pembelajaran Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN Malang 1” dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran komputer untuk meningkatan prestasi belajar siswa di MAN Malang 1? 2. Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran komputer di MAN Malang 1?Adapun tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran komputer yang ada di MAN Malang 1 dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran komputer di MAN Malang 1.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil sampel penelitian 80 siswa kelas X-F dan X-A, sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan teknik analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan rumus prosentase.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran komputer yang ada di MAN Malang 1 sudah kondusif dalam proses pembelajaran, apalagi ditambah dengan media lainnya yang bisa mengakomodasi kebutuhan guru dan siswa. Faktor pendukung dalam pemanfaatan media pembelajaran komputer untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Malang 1, antara lain: 1) Adanya minat yang tinggi dari siswa, 2) Kepala sekolah yang fleksibel dalam membuat aturan, sehingga guru bebas untuk mengembangkan dan menyesuaikan media dengan kondisi yang ada. Sedangkan
faktor yang menghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran komputer untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Malang 1, antara lain: 1) Tidak seimbangnya dan minimnya media pembelajaran komputer yang dimiliki oleh sekolah, 2) Untuk menggunakan komputer diperlukan pengetahuan dan ketrampilan khusus tentang komputer, 3) Minimnya alokasi waktu.
Mengingat begitu besarnya peran media pembelajaran komputer untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka penulis mencoba mengkaji tentang tentang “Pemanfaatan Media Pembelajaran Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN Malang 1” dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran komputer untuk meningkatan prestasi belajar siswa di MAN Malang 1? 2. Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran komputer di MAN Malang 1?Adapun tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran komputer yang ada di MAN Malang 1 dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran komputer di MAN Malang 1.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil sampel penelitian 80 siswa kelas X-F dan X-A, sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan teknik analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan rumus prosentase.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran komputer yang ada di MAN Malang 1 sudah kondusif dalam proses pembelajaran, apalagi ditambah dengan media lainnya yang bisa mengakomodasi kebutuhan guru dan siswa. Faktor pendukung dalam pemanfaatan media pembelajaran komputer untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Malang 1, antara lain: 1) Adanya minat yang tinggi dari siswa, 2) Kepala sekolah yang fleksibel dalam membuat aturan, sehingga guru bebas untuk mengembangkan dan menyesuaikan media dengan kondisi yang ada. Sedangkan
faktor yang menghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran komputer untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Malang 1, antara lain: 1) Tidak seimbangnya dan minimnya media pembelajaran komputer yang dimiliki oleh sekolah, 2) Untuk menggunakan komputer diperlukan pengetahuan dan ketrampilan khusus tentang komputer, 3) Minimnya alokasi waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar