Selasa, 14 Mei 2013

Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Penelitian Evaluatif terhadap Metode Pembelajaran dan Media Belajar)
Penulis:Irfan
Tahun:2011
Fakultas:Pasca Sarjana
Jurusan:S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pembimbing:1) Dr. H. M. Mujab Masyhudi..  2) Prof. Dr. Moh. Syaikhoun Mohamad Sulaiman,.  
Kata Kunci:kurikulum, metode pembelajaran, media belajar, evaluasi

Penelitian ini adalah penelitian evaluative, yaitu evaluative yang bersifat eksternal yang dimulai dengan menggambarkan kejadian tertentu di lapangan dengan mengumpulkan data dan fakta melalui observasi langsung, menganalisa fenomena khusus dan menetapkan keadaan yang sebenarnya. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Setelah melakukan observasi ke lokasi penelitian penulis menemukan; pertama bahwa sebagian mahasiswa belum mampu berkomunikasi dengan Bahasa Arab secara baik, kedua bahwa keempat kemahiran berbahasa mereka belum memenuhi standar bagi seorang mahasiwa. Atas fakta ini penulis berasumsi adanya beberapa masalah yang dihadapi mahasiswa dan dosen di lembaga ini, diantaranya: (a) metode yang diterapkan dosen belum sesuai dengan kondisi mahasiswa, (b) media belajar yang tersedia sangat terbatas dan kurang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) sejauh mana kesesuaian metode yang diterapkan kepada mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (2) sejauh mana kecukupan dan ketersediaan media belajar yang digunakan oleh dosen untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Hipotesis penelitian ini adalah: (1) metode yang diterapkan untuk pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi belum sesuai dengan kondisi mahasiswa yang sedang belajar di lembaga ini dengan latar belakang pendidikan yang berbeda ( dari Sekolah Menengah Umum dan Madrasah Aliyah), (2) media belajar, baik dari segi jumlah maupun macamnya belum memadai untuk menunjang proses pembelajaran di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) metode yang sering digunakan dosen ialah metode tata bahasa dan terjemah dan metode ceramah sehingga belum mampu mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab yang maksimal di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi , (2) media belajar yang tersedia di lembaga ini sangat terbatas, sehingga kurang dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had ‘ Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. File Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar