Penggunaan Media pembelajaran Audio visual Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Surya Buana Malang. |
Penulis | : | Rosita Umroh |
Tahun | : | 2008 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Agama Islam |
Pembimbing | : | 1) Dra. Hj. Siti Annijat. M, M.Pd.. |
Kata Kunci | : | Media Audio Visual, Motivasi Belajar. |
Dalam pemilihan metode pembelajaran tentunya membutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan bisa lebih jelas dan dipahami oleh siswa. Selain itu media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar yang baru dalam diri siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media audio visual. Media ini mempunyai kemampuan yang lebih karena media ini mengandalkan dua panca indera sekaligus, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan. Dengan media tersebut diharapkan bisa membangkitkan motivasi siswa dalam belajar dan memperjelas materi yang disampaikan. Penelitian ini mendiskripsikan tentang penggunaan media pembelajaran audio visual dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Surya Buana Malang. Dengan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah penggunaan media pembelajaran audio visual, peranan media pembelajaran audio visual dan faktor pendukung dan penghambat media pembelajaran audio visual dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Surya Buana Malang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dari pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: penggunaan media audio visual tidak disiarkan langsung dengan parabola melainkan dengan rekaman VCD. Adapun kurikulum yang digunakan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah saat ini, tetapi pelaksanaannya ditambah dengan penggunaan media audio visual. Dan media audio visual mempunyai peranan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun kendala yang dihadapi dalam pembelajaran audio visual adalah a) keterbatasan rekaman materi, b) program tidak dapat diulang, c) siswa yang terlambat. Dan penunjangnya adalah a) tersedianya media audio visual, b) tersedianya waktu untuk menggunakan media audio visual, c) kedisiplinan guru. Sebagai akhir dari penyusunan skripsi penulis memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperjelas materi yang disampaikan. Adapun dalam proses pembelajarannya ada faktor penghambat seperti terbatasnya rekaman siaran materi, adanya alat yang rusak dan lain-lain. Adapun faktor pendukungnya seperti tersedianya televisi dan VCD player tiap ruang kelas sehingga dapat mengakses kapan saja dan lain-lain. Saran yang ditawarkan peneliti adalah media audio visual sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar, untuk itu lembaga pendidikan diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan dalam proses belajar mengajar. Dan untuk pendidik dapat memanfaatkannya dengan baik dalam proses belajar mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar