Senin, 13 Mei 2013

Skripsi Pengembangan : Penerapan pembelajaran multimedia berbasis CAI (Computer Assisted Instruction)

Penerapan pembelajaran multimedia berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) dalam meningkatkan pemahaman materi belajar pada mata pelajaran IPS di kelas VI MIN Kauman Utara Jombang.
Penulis:Anang S
Tahun:2011
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pembimbing:1) Dr. Hj. Sulalah, M. Ag..  
Kata Kunci:Multimedia, Computer Assisted Instruction, pemahaman, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Pembelajaran Multimedia berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) merupakan suatu proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara menggunakan berbantuan komputer serta mengabungkan media gambar, gambar bergerak (animasi), video, suara maupun teks berjalan, sehingga pembelajaran tidak akan terkesan monoton. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Bagaimana proses merencanakan Pembelajaran Multimedia berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) dalam meningkatkan pemahaman materi belajar pada mata pelajaran IPS di kelas VI MIN Kauman Utara Jombang? (2) Bagaimana proses melaksanakan pembelajaran multimedia berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) dalam meningkatkan pemahaman materi belajar pada mata pelajaran IPS di kelas VI MIN Kauman Utara Jombang? dan (3) Bagaimana proses mengevaluasi pembelajaran multimedia berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) dalam meningkatkan pemahaman materi siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI MIN Kauman Utara Jombang? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, sehingga peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakann desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian PTK ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis kolaboratif partisipatoris. Langkah-langkah dalam penelitian ini antara lain: 1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran multimedia berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) ini mampu meningkatkan pemahaman materi siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI MIN Kauman Utara Jombang. Dengan sangat antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, begitu juga dari hasil evaluasi pembelajaran diatas yang merupakan indikator pemahaman siswa dalam belajar dapat berjalan dengan baik, terbukti prosentase pemahaman siswa mulai dari pre tes, siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan mulai dari 27,3 % menjadi 57.57% dan menjadi 78.79% dan rata-rata nilai juga mengalami peningkatan dari 58.9, menjadi 66.1 dan menjadi 73.63, dari data diatas telah mencapai 70 % dari standar minimal siswa dikatakan paham dalam satu kelas.


File Download
 Abstrak-Indonesia.pdf Abstrak-Indonesia.ps
 Abstrak-Inggris.pdf Abstrak-Inggris.ps
 Pendahuluan.pdf Pendahuluan.ps
 BAB I.pdf BAB I.ps
 BAB II.pdf BAB II.ps
 BAB III.pdf BAB III.ps
 BAB IV.pdf BAB IV.ps
 BAB V.pdf BAB V.ps
 BAB VI.pdf BAB VI.ps
 Daftar Pustaka.pdf Daftar Pustaka.ps

File Lampiran: Lampiran[1]  

1 komentar:

  1. min linknya ga bisa di baca online atau di download min, kasih pencerahannya buat referensi link di atas min, terimakasih.

    BalasHapus