Senin, 13 Mei 2013

Skripsi Penggunaan Multimedia Interaktif

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas V A MIN Malang 2
Penulis:Mustapa Ali
Tahun:2011
Fakultas:Pasca Sarjana
Jurusan:S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah
Pembimbing:1) Dr. H. M. Mujab, M.A (.  2) H. Djoko Susanto, M.E.D., PH. D..  
Kata Kunci:Multiedia interaktif, motivasi belajar siswa dan pembelajaran bahasa Arab

Proses pembelajaran adalah satu rangkaian kegiatan yang sangat kompleks, tidak hanya bertujuan untuk mentransper pengetahuan kepada siswa, akan tetapi sebelum itu guru harus menyiapkan banyak hal dan salah satunya adalah membuat siswa termotivasi, senang dan butuh terhadap pelajaran tersebut, sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai harapan. Terutama dalam pelajaran bahasa Arab yang cukup sulit untuk siswa tingkat MI. Oleh sebab itu perlu adanya kondisi belajar yang menyenangakan yang membuat siswa termotivasi, salah satunya adalah dengan membuat media (Multimedia Interaktif) sehingga materi tidak terasa begitu sulit.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Multimedia Interaktif dalam penelitian eksperimen ini dan adakah pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V MIM Malang 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa Arab dan pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V MIN Malang 2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas V A MIN Malang 2 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol, adapun instrument penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dianalsis dengan tehnik regresi sederhana.
Hasil analsis data membuktikan bahawa : (1) Uji hipotesis secara simultan, yaitu menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan uji F. Dengan hasil F hitung 38.215 ≥ F tabel 4,15. Sehingga Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa VA MIN Malang 2 diterima. (2) Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t yaitu dapat dilihat bahwa t hitung Multimedia interaktif (X) dengan nilai, t Tabel = 6.182 ≥ t hitung ≥ t tabel = 2,04. maka Ha diterima dan Ho ditolak, itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan oleh variabel X terhadap motivasi belajar siswa (Y).
Pengaruh variabel (X) R Square sebesar 0.538 atau 54%, terhadap motivasi belajar (Y), Artinya besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar