Senin, 13 Mei 2013

Pemanfaatan Media Pembelaaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Pembelajaran PAI

Pemanfaatan Media Pembelaaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Pembelajaran PAI di MAN Tambakberas Jombang.
Penulis:Wasis Tri Wahyudi
Tahun:2007
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Miftahul huda, M. Ag..  
Kata Kunci:Pemanfaatan, Media, Pembelajaran PAI
Proses belajar mengajar merupakan proses interaksi dan komunikasi antara guru dan peserta didik. Pada proses komunikasi inilah dibutuhkan kemampuan guru secara verbal untuk mentransformasi nilai-nilai yang terkandung dalam suatu materi untuk dikuasai peserta didik baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Dalam kenyataanya komunikasi verbal ini cenderung mengarah pada pembelajaran yang monoton dan tidak maksimal karena tidak semua guru mampu berkomunikasi dengan baik dan memberikan pemahaman sekaligus pengalaman kepada peseta didik secara riil dan menyeluruh. Oleh karenanya dibutuhkan media yang tepat dan mengena sebagai sarana belajar dan salah satu sumber belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media yang tepat merupakan implemetasi dari wujud profesionalisme guru sebagai salah satu factor pendukung terciptanya pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang ditunjang dengan bagaimana seorang guru mampu mengoptimalkan berbagai media yang ada untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada peserta didik sebagai bekal untuk menyongsong masa depanya. Berdasarkan latar diatas, maka dalam penelitian ini yang menjadi fokus adalah bagaimana pemanfaatan media pada pembelajaran PAI di MAN tambakberas jombang, kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan tersebut, serta solusi atau upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru memanfaatkan media pada pembelajaran PAI, kendala yang dihadapi sekaligus solusi yang ditempuh untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisa adalah mereduksi, menafsirkan, dan verifikasi. Hasil dari penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang terkait dengan pemanfaatan media bahwa pemanfaatan media haruslah disesuaikan dengan jenis dan karakteristik dari masing-masing materi yang akan disampaikan, persiapan dari peserta didik untuk menerima materi dengan menggunakan media serta kemampuan guru untuk menguasai dari masing-masing jenis media. Kendala yang dihadapi adalah adanya sebagian guru PAI yang kurang mampu untuk menggunakan media yang berbasis tehnologi di tambah dengan model pembelajaran yang monoton. Sedangkan solusi yang ditempuh yakni memotifasi diri untuk meningkatkan profesi yang diembanya, mengikuti berbagai kegiatan yang dapat menunjang peningkatan SDM, serta bertukar pikiran dan pengalaman dengan guru lain untuk memperoleh wawasan dan cakrawala baru terkait dengan perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran.


File Download
 Abstrak-File.pdf Abstrak-File.ps
 Full Text.pdf Full Text.ps

File Lampiran: Lampiran[1]  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar