PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN SLIDE SHOW PRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN PANGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI KELAS IV (PUTRA) MI AR-RAUDHOH PASONGSONGAN SUMENEP | ||
Penulis | : | |
Tahun | : | 2011 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Pembimbing | : | 1) Dr. Hj. Sulalah, M. Ag.. |
Kata Kunci | : | Multimedia, Slide Show Presentation, Bahasa Inggris, kosakata Bahasa Inggris |
Multimedia presentasi yang biasa dikenal dengan slide show presentation merupakan sebuah penyampaian informasi interaktif dan terintegrasi menggunakan penggabungan antara teks, gambar, video atau animasi. Multimedia ini memiliki potensi untuk menciptakan suasana belajar multisensory yang mendukung cara belajar yang lebih menarik, menyenangkan dan bermakna dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang selama ini dilaksanakan secara konvensional dan monoton.
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep? dan (3) Bagaimana mengevaluasi pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut penulis mengadakan penelitian menggunakann desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian PTK ini termasuk dalam penelitian deskriptif data kualitatif dan data kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian kali ini mencakup: 1) perencanaan, (2) Implementasi, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Dari hasil analisis, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation ini mampu meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Siswa juga mengalami kemajuan dalam mengikuti penilaian dan siswa juga begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terbukti secara kuantitatif dari skor siswa yang diperoleh pada setiap pos-tes, yakni: nilai rata-rata kelas pra tindakan = 56,9 siklus I = 77,8 dan siklus II = 81,78. Bukti kualitatif dapat dijelaskan berdasarkan hasil pengamatan perilaku siswa pada saat kerja kelompok dan antusias mengikuti pembelajaran.
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep? dan (3) Bagaimana mengevaluasi pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut penulis mengadakan penelitian menggunakann desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian PTK ini termasuk dalam penelitian deskriptif data kualitatif dan data kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian kali ini mencakup: 1) perencanaan, (2) Implementasi, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Dari hasil analisis, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation ini mampu meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Siswa juga mengalami kemajuan dalam mengikuti penilaian dan siswa juga begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terbukti secara kuantitatif dari skor siswa yang diperoleh pada setiap pos-tes, yakni: nilai rata-rata kelas pra tindakan = 56,9 siklus I = 77,8 dan siklus II = 81,78. Bukti kualitatif dapat dijelaskan berdasarkan hasil pengamatan perilaku siswa pada saat kerja kelompok dan antusias mengikuti pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar