Penggunaan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Selopuro Blitar. |
Penulis | : | Niswatul Lutviani |
Tahun | : | 2007 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Agama Islam |
Pembimbing | : | 1) Amin Prasojo S. Ag. . |
Kata Kunci | : |
Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan seta tekhnologi yang semakin pesat, secara langsung dan tidak langsung dalam dunia pendidikan akan mendapatkan pengaruh dari kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK) tersebut. Untuk itu seorang guru Pendidikan Agama Islam berusaha mengembangkan dan memajukan pendidikan. dalam kenyataan sehari-hari permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana seorang guru tersebut dalam melaksanakan tugasnya dengan baik, sebab akhir-akhir ini banyak siswa kurang memahami pelajaran. Apakah hal ini disebabkan siswa yang masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara mengajar guru yang monoton sehingga menyebabkan siswa pasif. Oleh karena itu untuk menghindari siswa yang pasif guru hendaknya lebih cermat dalam memilih dan menggunakan media khususnya komputer untuk menanggulangi masalah siswa yang pasif tersebutmenjadi siswa yang aktif. Berasal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “penggunaan Media Komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan Agama Islam”. Berpijak pada latarbelakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana penggunaan media komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam. 2) Apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat penggunaan media komputer untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunkan pendekatan kualitatif dengan teknik pengunpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapaun untuk menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala gejala yang tampak. Dari hasil analisa, menunjukkan bahwa penggunaan media komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Selopuro Blitar sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut terlihat pada proses belajar mengajar di kelas. Adapun Faktor pendukung adalah faktor dari guru itu sendiri, faktor anak didik, faktor media pembelajaran, faktor lingkungan, sedangkan Faktor penghambatnya yaitu faktor guru, anak didik, media pembelajaran, dan lingkungan. Faktor penghambat tersebut menjadi penghambat dan menjadi kendala guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media komputer untuk proses belajar mengajar. Dari kesimpulan tersebut untuk membantu mengantisipasi factorfaktor penghambat tersebut maka guru pendidikan agama Islam melaksanakan berbagai upaya agar dalam penggunaan media komputer bisa diterima siswa dengan baik, sehingga dapat menumbuhkan dan mengembangkan keaktifan siswa. Kata Kunci:Media Komputer, Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar