Media Pembelajaran interaktif
merupakan suatu aplikasi pembelajaran yang ditujukan untuk menyalurkan pesan
pembelajaran berupa pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa dalam belajar sehingga secara
sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.Dengan demikian
multimedia pembelajaran interaktif adalah media yang dirancang agar siswa dapat
belajar secara mandiri, aktif dan terkendali.
Adanya media pembelajaran
interaktif dapat membantu guru untuk mendesain pembelajaran secara
kreatif. Dengan desain pembelajarn yang kreatif maka diharpkan proses
pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih interatif, lebih efektif,
kualitas belajar belajar siswa dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar
dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan sikap dan minat belajar belajar
siswa dapat ditingkatkan.
Kelebihan media pembelajaran interaktif dibandingkan
media yang lain
1. Memperbesar
benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata. Dengan bantuan multimedia
maka dapat ditampilkan benda-benda seperti kuman, bakteri, elektron, dll.
dengan demikian benda-benda tersebut akan mudah dipahami oleh siswa.
2. Memperkecil
benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah. Dengan
demikian kita dapat menyajikan benda-benda seperti gedung, gajah, gunung,
candi, rumah, dll. Sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara
riil melaui gambar, movie atau animasi.
3. Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks, rumit,da berlangsung cepat atau lambat.
Adanya kemampuan ini maka guru dapat menyajikan melaui gambar animasi atau movie
tentang susunan atom, sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya
planet-planer, berkembangnya bunga, dll.
4. Menyajikan
suatu benda atau peristiwa yang jauh. melalui multimedia maka guru dapat
menghadirkan obyek-obyek seperti planet, bulan, bintang, salju ke dalam ruang
kelas.
5. Menyajikan
benda atau peristiwa yang berbahaya. Dengan kemampuan ini maka guru dapat
menyajikan peristiwa-peristiwa yang berbahaya seperti ledakan bom, peluncuran
roket, letusan gunung berapi, kebakaran, binatang buas, racun, dll.
6. Meningkatkan
daya tarik dan perhatian siswa. Dengan kemampuan ini maka pembelajaran dapat
berlangsung secara menarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Agar mata pelajaran IPA mudah dan
menyenangkan bagi siswa maka sangatlah perlunya media pembelajaran. Nah kali
ini contoh media pembelajaran interaktif kelas 1 SD mata pelajaran IPA bab Pengaruh cuaca dalam kehidupan. Karena pada hakikatnya Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata
pelajaran di SD yang dimaksudkan agar siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan
konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman
melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan, penyusunan dan
penyajian gagasan-gagasan. IPA adalah pengetahuan khusus yaitu dengan melakukan
observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori dan demikian
seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain (Abdullah,
1998: 18). IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara
sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan sistematis dan IPA
bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,
konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan (Sri Sulistyorini, 2007: 39). Menurut Iskandar IPA adalah ilmu yang
mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi alam (Iskandar, 2001: 2). Ilmu
Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran di SD yang dimaksudkan agar siswa
mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam
sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah
antara lain penyelidikan, penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan. Pada
prinsipnya, mempelajari IPA sebagai cara mencari tahu dan cara mengerjakan atau
melakukan dan membantu siswa untuk memahami alam sekitar secara lebih mendalam
(Depdiknas dalam Suyitno, 2002: 7). Dari beberapa pendapat di atas maka dapat
disimpulkan pembelajaran IPA adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa
yang terjadi di alam dengan melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan,
penyusunan teori agar siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang
terorganisasi tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui
serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan, penyusunan dan penyajian
gagasan-gagasan.
Nah, Berikut ini adalah contoh Media pembelajaran interatif SD kelas 1 Pengaruh cuaca dalam kehidupan.
Free Download : Media Pembelajaran Interaktif Pengaruh cuaca dalam kehidupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar