Selasa, 14 Mei 2013

Implementasi Bahan Ajar LKS sebagai Media Pembelajaran

Implementasi Bahan Ajar LKS sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA I di SMAN 3 Lumajang
Penulis:Liyasirni Kusumawardani
Tahun:2011
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Abdul Ghofur, M. Ag.  
Kata Kunci:Bahan Ajar LKS, Media Pembelajaran, dan Pendidikan Agama Islam.

Media Pembelajaran adalah suatu alat bantu dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu komponen yang paling penting dalam pembelajaran yaitu media. Kedudukan media pembelaran bukan hanya sebagai alat bantu saja melainkan sebagai motivasi siswa agar hasil pembelajaran menjadi lebih baik. Media pembelajaran dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya adalah media bahan Ajar LKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami: 1) Implementasi Bahan Ajar LKS Sebagai Media Pembelajaran pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMUN 3 Lumajang. 2) Peranan LKS terhadap pemahaman siswa tentang materi Al-Qur’an di kelas XI IPA I. 3) Peranan LKS terhadap Akhak siswa kelas XI IPA I di SMAN 3 Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMUN 3 Lumajang. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, para guru Agama dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, (2) observasi non partisipasi, dan (3) studi dokumentasi. Anilis data melalui 3 proses, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi sumber. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Implementasi bahan ajar LKS sebagai media pembelajaran masih efisien, LKS sangat membantu dalam proses belajar mengajar baik bagi guru maupun bagi siswa. Pelaksanaan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan LKS dapat menggunakan beberapa metode diantaranya yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan penugasan, sehingga proses belajar mengajar bervariasi/ tidak monoton. 2) peranan LKS terhadap pemahaman siswa pada Al-Qur’an di sekolah umum dapat membantu siswa untuk memahami Al- Qur’an karena pelajaran PAI terdapat materi Al-Qu’an. 3) peranan LKS terhadap akhlak siswa juga berpengaruh, karena dalam pembelajaran PAI juga terdapat materi tentang Akhlak sehingga siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan bisa mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang agama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar