Selasa, 01 Mei 2012

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang dan mengimplementasikan pengembangan Media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk materi perangkat keras komputer di kelas VII SMP N 3 Singaraja; (2) mengetahui respon siswa kelas VII SMP N 3 Singaraja terhadap pengembangan Media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada mata pelajaran TIK khususnya pada materi perangkat keras komputer.
Media Pembelajaran TIK
Media Pembelajaran TIK
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP N 3 Singaraja tahun ajaran 2010/2011. Data tentang sumber belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Kevalidan media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing serta respon siswa diperoleh dengan menggunakan metode angket. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif.

Pengembangan media pembelajaran perangkat keras komputer berbasis inkuiri terbimbing ini menggunakan model Waterfall, dan dirancang dengan menggunakan Block Diagram, serta diimplementasikan menggunakan software Macromedia Flash 8. Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang memberikan respon sangat positif sebesar 84% persentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 16%, dan tidak ada siswa yang memberikan respon ragu-ragu, negatif maupun sangat negatif. Skor rata-rata respon siswa yang diperoleh adalah sebesar 65,92. Skor tersebut menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pengembangan Media pembelajaran berbasis inkuiri
terbimbing berada pada kategori sangat positif.

Kata-kata kunci : Media Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Perangkat Keras Komputer.

Download Isi Lengkap  dari Jurnal Ini :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar