Selasa, 01 Mei 2012

Pengembangan Paket Multimedia Interaktif Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa


Muhammad Adri
Abstract
The usage and development of teaching media, representing one of study strategy able to be done by a teacher, in order to improving activity and participation of student in course of learning. choosen and media exploiting election will be able to give excitement to student, so that process the forwarding of information to educative participant will walk better, because with usage of media, an teaching items will be able to comprehend easily by a student. usage of interactive cd rom (called as e-media) as one of instructional media in study of fisika terapan can be made as one of alternative to assist resolving of study problem of student causing of by using intercative cd, student can to study by self-learning, easily, convenience, supple and learn as according to his ability, without external constraint. thereby is expected by used of this kind of media can to improve learning achievement of student.
kata kunci : cd interactive, e-media, instructional media, learning achievement.
Tampilan Media Pembelajaran Interaktif

PENDAHULUAN

Mutu pendidikan mempunyai kaitan dengan kualitas lulusannya, sedangkan kualitas lulusan ditentukan oleh proses belajar. Prestasi belajar yang diraih mahasiswa setelah proses pembelajaran, mempunyai makna bagi mahasiswa bersangkutan maupun bagi lembaga pendidikan, karena prestasi belajar yang tinggi menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut memiliki tingkat pengetahuan dan keterampilan yang tinggi, sedangkan bagi lembaga pendidikan, prestasi belajar mahasiswa yang tinggi menunjukkan keberhasilan lembaga dalam proses pembelajaran.

Prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Sesuai dengan yang dikemukakan oleh Slameto (2003), bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dibagi menjadi dua bagian utama, yang pertama faktor internal yang mencakup faktor jasmaniah, intelegensi, motivasi, perhatian, minat, bakat, dan kesiapan. Kedua faktor eksternal yang terdiri dari faktor keluarga, masyarakat, metoda pembelajaran, kurikulum, sarana dan prasarana pembelajaran. Lebih jauh Nelda (2005), mengemukakan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seorang mahasiswa baik dari internal maupun eksternal, seperti : (1) Kecerdasan emosional; (2) Minat dan bakat; (3) Metoda Pembelajaran; (4) Sarana dan prasarana; (5) Motivasi Berprestasi; (6) Cara belajar; (7) Kurikulum; dan (8) Kecerdasan Intelektual.

Download Isi Lengkap  dari Skripsi Ini :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar