Jumat, 19 April 2013

IMPLEMENTASI VIRTUAL NETWORK COMPUTING (VNC) DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER BERBASIS JARINGAN


I Made Gede Sunarya
Jurusan Pendidikan Teknik Informatika
Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha
Universitas Pendidikan Ganesha
e-mail : dek_naya@yahoo.com
Abstrak


Laboratorium komputer merupakan salah satu fasilitas dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa yang keberadaannya sangat penting dalam pembelajaran pada jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Penggunaan komputer dengan intensitas yang sangat tinggi, dapat menyebabkan adanya beberapa masalah dalam komputer, baik pada perangkat kerasnya (Hardware) maupun pada perangkat lunaknya (Software). Besarnya peluang kemungkinan kesalahan yang bisa terjadi, maka diperlukan pengelolaan laboratorium komputer dengan teliti, baik itu dengan pengelolaan berkala, maupun pembenahan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran di laboratorium komputer. Untuk laboratorium yang berbasiskan jaringan, pembenahan kesalahan yang terjadi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara Remote atau dilakukan tidak langsung di depan komputer yang bermasalah, laboran (teknisi laboratorion) dapat melakukan pembenahan jarak jauh dengan menggunakan sebuah fasilitas Virtual Network Computing (VNC), sehingga diharapkan tidak akan mengganggu proses pembelajaran secara langsung.
VNC Viewer Software
VNC Viewer Software

VNC (Virtual Network Computing) merupakan program aplikasi yang mengijinkan untuk melihat dan secara penuh berinteraksi dengan sebuah komputer pusat (VNC Server) menggunakan sebuah program sederhana (VNC Viewer) pada komputer yang berbeda dimana saja pada sebuah jaringan komputer (www.realvnc.com). Implementasi VNC tidak tergantung dari plaform yang digunakan, jadi sebuah desktop menggunakan sistem operasi Windows Vista dapat dilihat dari sistem operasi Linux. Perancangan dan implementasi yang dilakukan adalah Perancangan dan implementasi VNC pada pengelolaan error PC (Personal Computer) di laboratorium dan pada proses pembelajaran di laboratorium Penerapan VNC dapat digunakan untuk pengelolaan error pada laboratorium komputer oleh laboran, sehingga laboran tidak harus berada langsung di depan komputer yang bermasalah, hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan kelancaran proses pembelajaran.Penerapan VNC dapat digunakan sebagai alat untuk mengontrol mahasiswa dalam proses pembelajaran, dosen dapat mengontrol semua mahasiswa melalai PC server, tanpa harus keliling memperhatikan mahasiswa satu persatu.Penerapan VNC dapat digunakan sebagai alat untuk membantu proses pembelajaran, dosen dapat memberikan materi melalui PC server, dan mahasiswa dapat secara langsung dan interaktif menerima materi yang diberikan oleh dosen. 

Kata Kunci : Virtual Network Computing (VNC), Laboratorium, Jaringan komputer, pembelajaran


I Pendahuluan
Laboratorium komputer merupakan salah satu fasilitas dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa yang keberadaannya sangat penting dalam pembelajaran pada jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Penggunaan komputer dengan intensitas yang sangat tinggi, dapat menyebabkan adanya beberapa masalah dalam komputer, baik pada perangkat kerasnya (Hardware) maupun pada perangkat lunaknya (Software). Error/Kesalahan yang terjadi pada komputer tersebut bisa saja terjadi karena unsur masa guna dari alat-alat maupun dari kesalahan pemakaian dari user. Kerusakan yang terjadi pada Hardware ditangani dengan melihat dan memeriksa masing-masing perangkat komputer yang diperkirakan bermasalah, hal ini dilakukan pada saat komputer tanpa arus (mati). Lain halnya jika terjadi masalah pada Software komputer, hal ini harus ditangani pada saat komputer hidup, jika masalah pada Software System maka harus dilakukan dengan instalasi ulang sistem operasi, sedangkan jika terjadi pada program aplikasi bisa dilakukan dengan melakukan konfigurasi ulang pada program aplikasi tersebut atau melakukan instalasi ulang program sistem di atas program sistem.
Besarnya peluang kemungkinan kesalahan yang bisa terjadi, maka diperlukan pengelolaan laboratorium komputer dengan teliti, baik itu dengan pengelolaan berkala, maupun pembenahan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran di laboratorium komputer. Untuk laboratorium yang berbasiskan jaringan, pembenahan kesalahan yang terjadi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara Remote atau dilakukan tidak langsung di depan komputer yang bermasalah, laboran (teknisi laboratorion) dapat melakukan pembenahan jarak jauh dengan menggunakan sebuah fasilitas Virtual Network Computing (VNC), sehingga diharapkan tidak akan mengganggu proses pembelajaran secara langsung.
Dalam proses pembelajaran di laboratorium, mayoritas aktivitas berkaitan dengan praktikum. Jumlah mahasiswa peserta praktikum yang relatif banyak, sebanyak 35-40 mahasiswa berimplikasi pada kebutuhan untuk pengontrolan aktifitas dari mahasiswa tersebut. Fasilitas VNC dapat dipakai sebagai alat untuk membantu dosen dalam mengontrol aktifitas yang dilakukan oleh mahasiswa tanpa harus secara fisik berada disamping mahasiwa tersebut. Fasilitas VNC memungkinkan dosen untuk melihat aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa melalui komputer server yang terhubung dalam satu jaringan dengan komputer mahasiswa. Pengontrolan ini dapat juga dimanfaatkan oleh dosen untuk membantu mahasiswa yang kesulitas dengan proses pelaksanaan praktikum, yaitu dengan cara mengambil alih proses komputer dari mahasiswa tersebut, dan memberikan sebuah solusi bagi permasalahan tersebut. Dalam proses pembelajaran praktikum, memiliki waktu yang terbatas sedangkan jumlah mahasiswa relatif banyak, sehingga efisiensi waktu perlu diperhatikan. Maka diperlukan sebuah alat untuk meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran. Teknologi VNC dapat dimasukkan dengan harapan dapat meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran.
Perangkat lunak VNC yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah Real VNC versi 4.1.3. Real VNC merupakan free software memiliki dua macam koneksi antara viewer dan server yaitu Incoming Connection dan Outgoing Connection. Kedua jenis koneksi ini yang akan digunakan dalam pembelajaran dan pengelolaan lab di laboratorium Jurusan Pendidikan Teknik Informatika.


Download skripsi lengkap Ini :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar