Fungsi
dan Manfaat Media Pembelajaran
Levie & Lents dalam Azhar Arsyad
(2007) mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual,
yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif, dan fungsi kompenstoris.
Fungsi atensi media visual merupakan inti,
yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi
pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai
teks materi pelajaran. Media gambar atau animasi yang diproyeksikan melalui LCD
dapat memfokuskan dan mengarahkan perhatian mereka kepada pelajaran yang akan
mereka terima. Hal ini berpengaruh terhadap penguasaan mater pelajaran yang
lebih baik oleh siswa.
Fungsi afektif media visual dapat terlihat
dari tingkat keterlibatan emosi dan sikap siswa pada saat menyimak tayangan
materi pelajaran yang disertai dengan visualisasi. Misalnya, tayangan video
gambar simulasi kegiatan kantor, video penggunaan mesin-mesin kantor, dan
sejenisnya.
Fungsi kognitif media visual terlihat dari
kajian-kajian ilmiah yang mengemukakan bahwa lambang visual atau gambar
memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau
pesan yang terkandung dalam gambar. Sedangkan fungsi kompensatoris dari media
pembelajaran dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa media visual membantu
pemahaman dan ingatan isi materi bagi siswa yang lemah dalam membaca.
Berdasarkan berbagai pendapat di atas,
media pembelajaran sangat dirasakan manfaatnya dalam proses belajar mengajar.
Secara umum, media pembelajaran bermanfaat untuk memperlancar interaksi dosen
dan mahasiswa, dengan maksud membantu mahasiswa belajar secara optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar