Macam-Macam
Media Pembelajaran
Media pembelajaran
berkembang dari waktu ke waktu, seiring dengan perkembangan teknologi. Beberapa
ahli menggolongkan macam-macam media pembelajaran dari sudut pandang yang
berbeda.
Heinich (1996)
menjabarkan media pembelajaran dalam bukunya meliputi : nonprojected media,
projected media, audiomedia, motionmedia, computer mediated instruction,
computer based multimedia and hypermedia, media radio and television. Nonprojected
media berupa photographs, diagrams, displays, dan models. Projected
media terdiri dari slides, filmstrips, overhead transparencies, dan computer
projection. Audiomedia berupa cassettes dan compact discs,
sedangkan motionmedia berupa video dan film.
Azhar Arsyad
(2007:29) mengelompokkan meda pembelajaran menjadi empat kelompok, yaitu
media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio visual, media hasil
teknologi komputer, dan media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer.
Sementara Seels
& Glasgow (1990 : 181-183) membagi media berdasarkan perkembangan
terknologi, yaitu media dengan teknologi tradisional dan media dengan
teknologi mutakhir. Media dengan teknologi tradisional meliputi : (a) visual
diam yang diproyeksikan berupa proyeksi opaque (tak tembus pandang),
proyeksi overhead, slides, filmstrips; (b) visual yang tidak diproyeksikan
berupa gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info; (c)
audio terdiri dari rekaman piringan dan pita kaset; (d) penyajian multimedia
dibedakan menjadi slide plus suara dan multi image; (e) visual dinamis yang
diproyeksikan berupa film, televisi,
video; (f) media cetak seperti buku teks, modul, teks terprogram, workbook,
majalah ilmiah, berkala, dan hand out; (g) permainan diantaranya teka-teki,
simulasi, permainan papan; (h) realita dapat berupa model, specimen (contoh),
manipulatif (peta, miniatur, boneka).
Sedangkan media dengan
teknologi mutakhir meliputi dibedakan menjadi : (a) media berbasis
telekomunikasi diantaranya adalah telekonfrence dan distance learning;
(b) media berbasis mikroprosesor terdiri dari CAI (Computer Assisted
Instruction, Games, Hypermedia, CD (Compact Disc), dan Web
Pembelajaran (Web Based Learning)
Penggolongan media
yang lebih aktual dikemukakan oleh William W. Lee & Diana L. Owen
(2004:55-56) dengan delapan tipe media pengiriman. Kedelapan media
tersebut adalah instructor-led, computer-based, distance broadcast, web-based,
performance support systems (PSS), dan electronic performance support systems
(EPSS).
Berdasarkan macam-macam media tersebut di atas, menunjukkan
bahwa media pembelajaran senantiasa mengalami perkembangan seiring kemajuan
ilmu dan teknologi. Perkembangan media pembelajaran juga mengikuti tuntutan dan
kebutuhan pembelajaran, sesuai dengan
situasi dan kondisi yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar