PENGEMBANGAN MEDIA TEXT TO SPEECH UNTUK APLIKASI TOKOH VIRTUAL
Oleh
Ni Luh Rupayani, Made Windu Antara Kesiman, I Made Agus Wirawan
Saat ini teks tidak lagi bisu, sebutan tersebut dikenal dengan TTS. TTS ini dapat membantu pembacaan teks, artikel atau informasi berupa teks tanpa harus meminta orang untuk membacakannya. Dalam hal ini, banyak program atau media yang membantu ataupun memudahkan seseorang dengan menginputkan teks serta program tersebut membaca teks yang diinputkan, namun sebagian besar dengan aksen yang diucapkan masih menggunakan bahasa Inggris. Artinya bila seseorang mengetikkan kata dalam bahasa Indonesia yang tidak ada kesamaannya dalam bahasa Inggris maka akan diucapkan berbeda pula sehingga menghasilkan makna yang berbeda, seperti orang asing yang baru belajar bahasa Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dikembangkan aplikasi dengan pemanfaatan teknologi TTS yaitu IndoTTS yang merupakan program yang dibuat menggunakan aksen bahasa Indonesia yang bertujuan untuk siapa saja (masyarakat umum) dalam hal pembacaan teks dengan visualisasi pengucapannya berbahasa Indonesia. Dengan pemanfaatan IndoTTS, dibuatkan aplikasi dengan visualisasi pengucapannya yang dapat membantu seseorang dalam hal pembacaan teks berbahasa Indonesia tanpa harus membacakannya. Rancangan aplikasi tokoh virtual ini menggunakan UML. Pengembangan aplikasi tokoh virtual ini tidak dimaksudkan untuk mengatasi seluruh permasalahan dalam pemanfatan teknologi text to speech khususnya speech berbahasa Indonesia. Pada aplikasi tokoh virtual ini masukan yang diberikan pada sistem yaitu berupa teks berbahasa Indonesia, selanjutnya oleh modul IndoTTS dan Mbrola, tersebut akan diubah menjadi ucapan/suara tokoh dengan visualisasi pengucapannya. Hasil penelitian ini berupa aplikasi dekstop dan diimplementasikan dengan menggunakan software Microsoft VB.NET, Macromedia Flash, IndoTTS dan Mbrola. Aplikasi ini mengkonversi teks berbahasa Indonesia menjadi ucapan/suara disertai visualisasi pengucapan dengan menampilkan animasi tokoh virtual. Selain itu dilengkapi pula fasilitas zoom animasi tokoh virtual serta bisa mengganti costume dari pada animasi tokoh virtual tersebut. Kata-kata kunci: aplikasi, tokoh virtual, TTS, IndoTTS, zoom, dan costume.
APLIKASI TOKOH VIRTUAL |
I. Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan mediamedia yang membantu dalam penyampaian informasi, baik berupa buku maupun perangkat lunak. Media buku atau pun media berupa perangkat lunak yang digunakan membantu dalam proses penyampaian informasi saat ini kebanyakan menampilkan teks yang sama halnya dengan isi dari sumber informasi yang lain. Perbedaannya yaitu cara penyampaian informasi dari pada masing-masing media tersebut. Media buku ataupun media perangkat lunak sama-sama mempunyai fungsi sebagai alat bantu penyampaian informasi dan sebagai media sumber belajar. Pada media buku ataupun media perangkat lunak tersebut, informasi berupa teks yang disampaikan sudah diatur dan fix, yang tidak bisa diubah-ubah informasinya serta harus membacanya untuk mendapatkan sesuatu yang ingin disampaikan dari informasi tersebut. Saat ini jarang ada media yang informasi bisa diinputkan serta bisa mengeluarkan suara yang sesuai dengan informasi berupa teks yang diinputkan tadinya. Media ini pula dapat membantu pembacaan teks, artikel atau informasi berupa teks tanpa harus meminta orang untuk membacakannya. Dalam hal ini, banyak program atau media yang membantu ataupun memudahkan seseorang dengan menginputkan teks serta program tersebut membaca teks yang diinputkan tadinya, namun sebagian besar dengan aksen yang diucapkan masih menggunakan bahasa Inggris. Artinya bila seseorang mengetikkan kata dalam bahasa Indonesia yang tidak ada kesamaannya dalam bahasa Inggris maka akan diucapkan berbeda pula sehingga menghasilkan makna yang berbeda, seperti orang asing yang baru belajar bahasa Indonesia. Dengan pemanfaatan teknologi informasi, saat ini telah berkembang suatu sistem TTS (Text to Speech) yang merupakan salah satu aplikasi dalam bidang teknologi bahasa. TTS ini dapat mengkonversi teks dalam format suatu bahasa menjadi ucapan sesuai dengan pembacaan teks dalam bahasa yang digunakan. Dengan pemanfaatan teknologi tersebut telah berkembang IndoTTS. IndoTTS merupakan program yang dibuat menggunakan aksen bahasa indonesia atau yang dikenal sebagai diphone database bahasa indonesia yang pertama di Indonesia. Program IndoTTS dikembangkan oleh bapak Arry Akhmad Arman dari teknik elektro, Institut Teknologi Bandung. Diphone database yang digunakan oleh IndoTTS adalah "id1" yang dibuat pada tahun 2000, di Belgia. Diphone database “id1” ini bisa digunakan secara bebas untuk penggunaan atau pembuatan aplikasi yang bersifat non-komersial dan non-militer oleh siapa pun. Software pendukung yang dikembangkan untuk IndoTTS yaitu MBrola. MBrola merupakan software yang berfungsi sebagai pembangkit sinyal ucapan berdasarkan kode-kode fonem dari teks yang dimasukan. Di Universitas Pendidikan Ganesha, tepatnya di jurusan Pendidikan Teknik Informatika telah dikembangkan aplikasi Text to Speech dalam pembuatan kamus untuk tunanetra oleh Luh Putu Eka Damayanthi. Aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi IndoTTS, diphone database yang digunakan juga “id1” dan software pendukung MBrola. Aplikasi kamus yang dikembangkan bertujuan untuk membantu penyandang tunanetra dalam melakukan penerjemahan suatu kata dengan memanfaatkan indra pendengarannya dengan menginputkan teks ataupun kata. Dalam temuan tersebut, penulis mencoba merancang dan mengembangkan media text to speech untuk aplikasi tokoh virtual yang bersifat dinamis (bisa dikembangkan lebih lanjut) dengan pemanfaatan diphone database “id1” dari IndoTTS dan software MBrola. Serta mencoba mengimplemetasikan media ini pada dengan menginputkan teks yang diinginkan, disertai dengan visualisasi pengucapannya dari tokoh animasi yang ditampilkan. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis termotivasi untuk mengembangkan aplikasi, yaitu “Pengembangan Media Text To Speech untuk Aplikasi Tokoh Virtual”. Adapun rumusan masalah berdasarkan latar belakang, diantaranya (a) Bagaimana rancangan media text to speech untuk aplikasi tokoh virtual?, (b) Bagaimana implementasi terhadap media text to speech untuk aplikasi tokoh virtual?
Download Isi Lengkap :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar